Selamat datang di blog topeng99. silahkan menikmati berbagai artikel sederhana di sini yang cukup menarik, dan jangan lupa follow ya, serta terimakasih atas kunjungannya

Pencarian

Sunday

Apa itu firewall ?


Tahukah kamu dengan istilah firewall yang biasa terlihat atau tedapat pada pc atau komputer yang kamu gunakan, ya untuk kamu yang penasaran dan ingin mengetahui pengertian mengenai istilah tersebut saya akan membahasnya sedikit untuk kamu, berikut penjelasannya,
Firewall dapat berupa perangkat lunak (program komputer atau aplikasi) atau perangkat keras (komputer khusus yang menjalankan program firewall) perangkat yang menyaring lalu lintas jaringan antara jaringan komputer atau PC dan Internet. Hal ini diperlukan untuk perangkat komputasi seperti komputer yang diaktifkan dengan koneksi internet. Seperti sistem keamanan jaringan meningkatkan tingkat keamanan jaringan komputer Anda dengan memberikan informasi rinci tentang pola lalu lintas jaringan. Ini adalah perangkat penting dan sangat diperlukan yang bertindak sebagai gerbang keamanan antara jaringan dipercaya (jaringan internal) dan jaringan tidak terpercaya (internet). Sementara semua jaringan komunikasi melewati sistem ini, hanya lalu lintas yang berwenang diperbolehkan olehnya. Ia memiliki kemampuan untuk menahan serangan internet.

Mengapa Firewall perlu dikerahkan
Komputer memiliki ribuan port yang dapat diakses untuk berbagai keperluan. Sistem keamanan komputer Anda menutup port ini kecuali untuk beberapa port tertentu yang perlu tetap terbuka. Ini bertindak sebagai garis pertama pertahanan dalam mencegah semua jenis hacking ke jaringan Anda, karena, setiap hacker yang mencoba untuk menembus ke dalam jaringan komputer akan mencari port yang terbuka yang dapat diakses. Ini tidak hanya membuat diri paket data tertentu dari Internet, tetapi juga melakukan fungsi-fungsi berikut.
►► Hal ini digunakan untuk menyimpan informasi rahasia dan berharga dari tergelincir keluar tanpa diketahui oleh organisasi. Misalnya, FTP (File Transfer Protocol) lalu lintas jaringan komputer organisasi dikendalikan oleh sistem keamanan. Hal ini dilakukan untuk mencegah pengguna dalam jaringan untuk mengirim file rahasia sengaja atau tidak sengaja kepada pihak lain.
►► filter Firewall juga digunakan untuk mencegah lalu lintas tertentu mengalir ke subnet dari jaringan. Hal ini mencegah pengguna berbagi musik, dan bermain game di jaringan. Aplikasi jenis ini berguna terutama di sektor korporasi.
☛ Tujuan lain yang penting adalah untuk memodifikasi paket data yang datang di sistem keamanan. Proses ini disebut Network Address Translation (NAT). Ada jenis tertentu NAT disebut NAT dasar, di mana IP pribadi (Internet Protocol) alamat dari jaringan komputer yang tersembunyi di balik satu alamat IP. Proses ini disebut sebagai IP masquerading. Hal ini membantu pengguna dalam jaringan yang terdiri dari sistem tanpa nomor IP publik yang dialamatkan, untuk mengakses internet.
►► Akurasi data seperti informasi keuangan, spesifikasi produk, harga produk dll, sangat penting bagi setiap bisnis untuk tumbuh. Jika informasi tersebut dimodifikasi oleh sumber eksternal, secara langsung dapat mengakibatkan runtuhnya bisnis tertentu. Sistem keamanan mencegah modifikasi yang tidak sah dari data pada sebuah situs web.
►► Jika sistem tidak tersedia untuk pengguna secara tepat waktu, hal itu akan menyebabkan penurunan produktivitas karyawan, hilangnya kepercayaan konsumen, dan publisitas yang buruk. Sistem keamanan memastikan ketersediaan sistem.
Sebelumnya, sistem ini bekerja dengan menyaring lalu lintas jaringan dengan menggunakan alamat IP, nomor port, dan protokol, tetapi sistem keamanan saat ini dapat menyaring data dengan mengidentifikasi pesan dari konten itu sendiri. Ini dapat mencegah informasi sensitif atau tidak pantas dari melewati antarmuka. Firewall merupakan aset besar bagi organisasi dan karena itu harus dikonfigurasi dengan benar.

itulah sedikit pembahasan mengenai firewall.
sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih atas kunjungannya. salam (^_^).
Artikel Terkait

No comments :

Post a Comment

◄[ Komentar kamu sangat membantu dan berguna bagi blog ini ]►
Silahkan tinggalkan komentar kamu dengan baik :
► Dilarang berkata kasar atau kotor
► DIilarang berkomentar yang melanggar (SARA)
► Dilarang berkomentar dengan menyertakan link hidup (SPAM)
► Direkomendasikan tidak berkomentar menggunakan anonymous

Dan sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih atas kunjungannya (^_^)

Tobi of Akatsuki Sprite